Seputarbolaku – Kejadian yang tak terduga Gunung di Hawaii menyebabkan Gempa dengan 6.9 Skala Ritcher, Gunung Klauea kembali aktif setelah lama tidak berulah, Dari pertistiwa tersebut warga harus mengungsi ketempat lain. Pemerintah mengambil keputusan untuk menelusuri kejadian tersebut dan memberitahukan agar cepat pergi dari pemukiman disana.

Menurut Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat ( USGS ), gempa tersebut membuat gunung Klauea mengeluarkan erupsi yang besar, gempa tersebut bertitik disisi Gunung Klauea bagian selatan, untungnya kejadian tersebut tidak menyebabkan jatuh korban satupun.

“Gempa yang terjadi hampir sama dengan insiden mematikan sebelumnya pada 1975 dengan kekuatan 7,1 skala Richter,” kata Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat.

Sebelumnya, Gunung Kilauea di Hawaii dilaporkan erupsi pada Kamis malam, 3 Mei 2018, melepaskan aliran lava ke wilayah pemukiman, mendorong pemerintah mengevakuasi warga sekitarnya. Hawaii County mengatakan, uap dan lava mengalir keluar dari celah di Leilani Estates, dekat kota Pahoa di Big Island. Penduduk di wilayah Puna yang berjumlah sekitar 10.000 orang, diperintahkan untuk mengungsi dari area kaki gunung api tersebut.

Menurut kesaksian seorang warga bernama Ikaika Marzo, lava menyembur setinggi 150 kaki (setara 45 meter) ke udara melalui beberapa celah gunung api, yang terbentuk karena beberapa gempa dalam beberapa hari terakhir.

Menurut Marzo, sebagaimana dilaporkan oleh surat kabar Star-Advertiser, aliran lava tersebar di area seluas 200 yard (setara 182 meter persegi di belakang sebuah rumah di Leilani Estates.

 

Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebut, retakan di dinding kawah gunung api, baru dilaporkan pada Kamis sore, yang perlahan memicu uap panas dan aliran lava.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code