Seputarbolaku.comKTT Korea Utara dan Korea Selatan telah memberi suara bahwasannya kedua Negara tersebut akan dimulai jalan baru, Momen tersebut disambut Meriah oleh para Warga Korea Utara dan Selatan. Kedua Negara tersebut akan memberikan kedamaian kepada Korea Tengah.

Sontak para warga Korea Tengah membuat mereka sangat gembira, dalam KTT sebelumnya mereka mengira akan mendapat hal yang negatif. Pertemuan tersebut sebagai tonggak baru atau kemakmuran bersama.

Tetangga Korea Utara, Presiden AS Donald Trump dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyambut pertemuan bersejarah antar-Korea. Selain itu juga mendesak untuk denuklirisasi.

Pada KTT pertama antara Korea dalam lebih dari satu dekade, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Orang Nomor Satu di Korea Selatan, Moon Jae-in, berjanji untuk denuklirisasi semenanjung Korea.

Kedua belah pihak mengatakan mereka akan bekerja sama dengan Amerika Serikat dan China untuk mendeklarasikan resmi berakhirnya Perang Korea 1950-1953, dan mencari kesepakatan untuk membangun perdamaian “permanen” dan “solid” di tempat gencatan senjata.

Hasil pertemuan bersejarah itu menyebut Korea Utara dan Korea Selatan resmi menyatakan berakhirnya Perang Korea, yang membuat kedua negara bermusuhan selama 65 tahun terakhir.

Deklarasi tersebut secara resmi disebut “Deklarasi Panmunjom untuk Perdamaian, Kemakmuran, dan Penyatuan di Semenanjung Korea”, setelah seharian rapat penuh dan percakapan pribadi selama 30 menit, pada satu jam terakhir pertemuan antara Kim Jong Un dan Presiden Moon Jae-in.

“Kedua pemimpin dengan sungguh-sungguh menyatakan… bahwa tidak akan ada lagi perang di Semenanjung Korea dan era baru perdamaian telah dimulai,” kata deklarasi KTT Korea Utara-Korea Selatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code